Skip to main content

Wali Kota Bengkulu Liburkan Sekolah Dua Pekan Kedepan

Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan. Foto Istimewa
Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan. Foto Istimewa

BENGKULU - Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mengambil kebijakan untuk meliburkan murid TK/PAUD, Sekolah Dasar (SD), siswa/i SMP sederajat di Kota Bengkulu, baik negeri maupun swasta. 

Siswa/i tersebut diliburkan selama dua pekan kedepan. Terhitung sejak Senin 16 Maret hingga Senin 30 Maret 2020. Hal tersebut sebagai salah satu upata pencegahan penyebaran Virus Korona atau COVID-19 di lingkungan sekolah. 

''Kita harapkan kepada Dinas Pendidikan menyampaikan kebijakan Pemerintah Kota Bengkulu kepada sekolah-sekolah untuk meliburkan aktivitas sekolah selama 14 hari  kedepan,'' kata Helmi, saat dikonfirmasi, Minggu (15/3/2020), sore 

Helmi menyampaikan, meliburkan murid TK, SD, SMP sederajat merupakan salah satu bentuk antisipasi terhadap Virus Korona, yang sudah mendunia. Sebab, kata Helmi, Virus Korona bukan hanya terdampak satu negara melainkan banyak negara yang terdampak.

Pemerintah Kota, terang Helmi, ingin mempertahankan 100 persen warganya. Oleh karena itu, lanjut Helmi, kebijakan diambil untuk meliburkan sekolah hingga 14 hari kedepan.  

''Alhamdulillah, siswa/i kita dalam keadaan sehat tidak ada satu pun yang terkena wabah. Tapi kita tidak ingin ketika satu orang sudah terkena baru mengambil kebijakan pemerintah tidak ingin itu,'' sampai Helmi. 

Tidak hanya itu, Helmi juga menginstruksikan khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN)/pejabat di lingkungan Pemerintah Kota, untuk menunda atau membatasi berpergian ke luar daerah atau Dinas Luar (DL), sementara waktu, kecuali urgent/darurat.

Kemudian, lanjut Helmi, menghindari berjabat tangan, cipika-cipiki diganti dengan salam hidayah. Selanjutnya, ASN agar tidak menggunakan absen finger, dan diganti dengan absen manual.

''Di tempat umum, bank, pelayanan publik, mall, pengelola wajib menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan. Meningkatkan cek kesehatan di bandara dan setiap pintu masuk-keluar Kota Bengkulu,'' terang Helmi. 

Untuk mencegah Virus Korona, Helmi juga mengajak, makan dengan gizi yang seimbang, rajin olah raga, istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan rumah ibadah, tidak merokok dan minum - minuman keras.

Lalu, minum air mineral 8 gelas per hari, makan makanan yang dimasak sempurna serta tidak makan daging atau hewan yang berpotensi menularkan virus. 

''Jika demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan, puskesmas atau ke rumah sakit terdekat. Cuci tangan setiap hari dengan sabun, gunakan masker bila batuk,'' imbau Helmi.(Red) 

Dibaca 2 kali

Facebook comments