Skip to main content

Rafflesia Chamber Singers Wakili Bengkulu Dan Indonesia Di Kancah Internasional

Rafflesia Chamber Singers Wakili Bengkulu Dan Indonesia Di Canca Internasional
Rafflesia Chamber Singers Wakili Bengkulu Dan Indonesia Di Canca Internasional

Bengkulu - Grup panduan suara Rafflesia Chamber Singers mewakili Provinsi Bengkulu dan Indonesia untuk mengikuti lomba paduan suara internasional yang diprakarsai Singapore International Choir Festival (SICF) 2019 di Singapore.

Gutman Togatorop, ST Pelatih dan Conductor grup paduan suara Rafflesia Chamber Singers Bengkulu mengatakan bahwa grup paduan suara yang dilatihnya akan mengikuti lomba ditingkat international.

“Benar, kami akan berangkat tanggal 31 Juli dari Indonesia disana sampai tanggal 5 Agustus 2019,” sampainya kepada pewarta, Rabu (19/6/2019).

Lomba yang diprakarsai Singapore International Choir Festival (SICF) 2019 di Singapore kriterianya hanya yang sudah memiliki prestasi paduan suara ditingkat international.

“Untuk track record, kami sudah ikut kompetisi internasional lainnya seperti, tahun 2012 di China (1st Xinghai Internasional Choral Festival), tahun 2014 di Bali (3rd Bali Internasional Choir Festival mendapatkan 3 Medali Emas) dan Tahun 2017 di Jakarta (Penabur Internasional Choir Festival mendapatkan 2 Emas dan 1 Perak),” kata Gutman.

Untuk tim yang diutus ke Singapore International Choir Festival (SICF) 2019 di Singapore nanti yang diikutkan hanya satu tim.

“Iya satu tim, yaitu rafflesia chamber singers bengkulu, yang berangkat ada 32 orang ke Singapore, tentunya akan bersaing dengan banyak grup paduan suara. Lomba tersebut diikuti kurang lebih 90 grup paduan suara dari berbagai negara,” tambahnya.

Pihaknya menargetkan dan optimis bisa mendapatkan champion dan medali emas dalam lomba tersebut.

“Puji Tuhan kalau bisa dapat champion emas di dua kategori atau paling tidak dapat medali emas dengan dapat poin 85 keatas (dari 100 poin),” yakinnya.

Gutman berharap bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah maupun pusat ataupun bentuk dukungan lainnya.

“Kami berharap dapat bantuan dana atau dukungan moral dan semangat. Sampai saat ini, kami belum mendapatkan bantuan dana sedikitpun atau paling tidak dapat surat rekomendasi untuk ijin anggota untuk berangkat yang bisa dipakai ketempat kerja, kampus atau sekolah,” keluhnya.

Sementara itu, Sihol Nainggolan peserta dari paduan suara Rafflesia Chamber Singers Bengkulu mengatakan rasa bangga dan gembira bisa mewakili Provinsi Bengkulu dan Indonesia.

“Saya sangat bersyukur dan sangat excited sekali. Sebab, hal ini menjadi sejarah dihidup saya, dan menjadi  sejarah paduan suara Indonesia khususnya pemuda bengkulu bisa bertarung di kancah Internasional. Mengingat masih banyak orang tidak mengenal Bengkulu, justru kegiatan ini saya dan rekan-rekan juga akan berjuang mati-matian untuk hal ini, sebab kami akan membawa harum nama baik Bengkulu dan Indonesia,” tuturnya.

Sihol Nainggolan juga mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar konser pada tanggal 21 Juli 2019 mendatang di Gereja HKBP Lingkar Barat. (Rori) 

Dibaca 7 kali

Facebook comments