Skip to main content

Plt Walikota Ajak Seluruh Pihak Lakukan Antisipasi Penanggulangan Bencana

BPBD
Plt Walikota Ajak Seluruh Pihak Lakukan Antisipasi Penanggulangan Bencana

Bengkulu – Plt Walikota Dedy Wahyudi mengajak seluruh lembaga swadaya masyarakat dan semua pihak terkait dalam hal kesiapsiagaan bencana untuk turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.

1

Hal ini ia sampaikan saat menjadi inspektur upacara apel gelar kesiapan antisipasi bencana daerah di Kota Bengkulu yang diikuti unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bengkulu, BPBD, Damkar, Satpol PP, Basarnas, Tim URC PUPR, Tagana, Pramuka, Sentral Komunikasi Mitra Polres dan undangan lainnya yang berlangsung di lapangan Sport Center, Kamis (12/11/2020).

“Kita inginkan seluruh komponen lembaga atapun pihak terkait hal bencana ini hingga ke masyarakat ikut berperan aktif dalam menanggulangi bencana. Dan kita mengajak seluruh masyarakat untuk ikut peduli lingkungan dan usaha penanggulangan bencana agar masyarakat yang tinggal di Kota Bengkulu mengerti akan tanda bencana, penanggulangannya dan bahaya dari bencana,” tutur Dedy dihadapan para peserta apel.

Dedy juga mengungkapkan bahwa apel gelar kesiapan antisipasi bencana daerah di Kota Bengkulu wajib dilakukan untuk kesiapsiagaan diri.

“Apel seperti ini memang perlu dilakukan. Iya tujuannya untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana alam yang terjadi dengan mempertimbangkan Undang-Undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana merupakan perangkat hukum pertama yang mengubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke prefektif atau pengelolaan resiko bencana. Untuk itu, hal seperti ini harus kita galakan mengingat Provinsi Bengkulu rawan bencana,” jelas Dedy.

Dengan dilakukannya apel ini, Dedy berharap dalam menanggulangi bencana dapat memanfaat potensi yang ada.

“Mari kita lakukan pengawasan terhadap hal-hal yang menjadi sumber bencana, kebijakan pembangunan yang berpotensi menimbulkan bencana dengan memanfaatkan sumber potensi yang ada dengan semaksimal mungkin dalam penanggulangan bencana,” tambahnya.

Diakhir sambutan, Dedy mengapresiasi kegiatan apel gelar kesiapan antisipasi bencana daerah di Kota Bengkulu. “Saya atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menyambut baik kegiatan ini yang bertujuan untuk siaga saat aman, ada saat dibutuhkan, siap dan selamat dalam berbagai bencana. Hal ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah maupun komponen yang terlibat untuk sama-sama meminimalisir dampak kemungkinan terjadinya bencana,” pungkas Dedy.

Sementara itu, saat diwawancara, Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak mengatakan bahwa kegiatan apel ini merupakan langkah awal dalam mengantisipasi bencana.

“Karena perlu kita ketahui dari pemerintah pusat maupun BMKG menyatakan hampir semua provinsi di Indonesia berpotensi mengalami bencana alam dalam berbagai bentuk. Tahun lalu kita (Kota Bengkulu) dilanda banjir. Jadi mulai dari hari ini kita siapkan langkah antisipasi dengan melibatkan seluruh elemen dan unsur untuk melakulan antisipasi bencana. Serta hal ini untuk mengingatkan kita supaya tetap waspada dan siap siaga,”ujar AKBP Pahala Simanjuntak. (Rilis)
 

Dibaca 1 kali

Facebook comments