Skip to main content

Perpustakaan Di Desa Sri Kuncoro Raih Predikat Akreditasi A Nasional

perpustakaan
Perpustakaan Di Desa Sri Kuncoro Raih Predikat Akreditasi A Nasional

Benteng – Perpustakaan Kerano Kuncoro yang terletak di Desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa berhasil mendapatkan Akreditasi A atas Kesesuaian Standar Perpustakaan Nasional. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah Dra. Yulia Farida, M.Si, Kamis (22/4).

1

”Akreditasi A yang di peroleh Perpustakaan Kerano Kuncoro tidak luput dari kerja keras Tim Pembina Perpustakaan Kabupaten Bengkulu Tengah. Tim Konsultan Perpustakaan Nasional Saat bertugas di Provinsi Bengkulu pada Februari 2020 menilai secara tertutup perpustakaan Kerano Kuncoro dengan bermacam prosedur serta kreteria penilaian," ujar Yulia.

Ia menambahkan pada bulan Desember 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Bengkulu Tengah mengirimkan Berkas pengajuan Akreditasi Ke pusat dan pada bulan Februari 2021 di lakukan wawancara secara zoom serta melampirkan bukti Fisik berupa gambar yang konkrit, sehingga setelah di lakukan penilaian Secara Nasional Perpustakaan Kerano Kuncoro Mendapatkan Predikat Akreditasi A Nasional.

Yulia juga mengatakan Tim Pembina saat di wawancarai menjelaskan bahwa penilaian yang di lakukan Tim Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yaitu fisik, sarana dan prasarana, kegiatan serta inklusi sosial. Perpustakaan Kerano Kuncoro sendiri telah memiliki hampir semua penilaian tersebut. Sehingga secara Nasional Perpustakaan Kerano Kuncoro mendapatkan Predikat Akreditasi A. Jelasnya.

Di akhir Penyampaiannya Yulia mengharapkan kepada semua pihak untuk Fokus melakukan kegiatan Inklusi Sosial serta perubahan di perpustakaan desa, sekolah maupun di instansi. 

Pemerintah Daerah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan memiliki target untuk mengajukan penilaian perpustakaan yang ada di Bengkulu Tengah ke Nasional dan meraih Predikat Akreditasi A seperti perpustakaan Kerano Kuncoro.

Yulia mengatakan pada tahun 2021 ini kembali melakukan persiapan untuk mengajukan kembali akreditasi secara nasional untuk kategori perpustakaan sekolah di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah untuk mendapatkan Akreditasi A. (Red)
 

Dibaca 1 kali

Facebook comments