Skip to main content

Pasca Musibah Banjir, IPSPI Dan Sakti Peksos Lakukan LDP

Pasca Musibah Banjir, IPSPI Dan Sakti Peksos Lakukan LDP
Pasca Musibah Banjir, IPSPI Dan Sakti Peksos Lakukan LDP

Bengkulu - Pasca bencana banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu, masyarakat sekitar yang tertimpa musibah tersebut harus tetap menjalankan proses roda kehidupan yang berbeda dari sebelumnya. Ini semua diakibatkan karena kondisi belum pulih sepenuhnya, misalnya kondisi lelah fisik, kondisi emosi yang labil karena kehilangan atau pun kerusakan harta benda, serta beberapa memori peristiwa bencana banjir yang belum bisa terlupakan. 

Dengan latar belakang seperti tersebut, pekerja sosial yang tergabung dalam Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) DPD Bengkulu dan Satuan Bakti Pekerja Sosial Anak (Sakti Peksos) Kemensos RI bekerjasama melaksanakan layanan dukungan psikososial (LDP) bagi anak korban banjir.

Photo

 

Diketahui, kegiatan LDP ini sudah dilakukan di tiga titik wilayah banjir, yakni Kota Bengkulu di Kelurahan Tanjung Jaya  pada tanggal 29 April 2019, Kelurahan Tanjung Agung pada tanggal 9 Mei 2019 dan berakhir di Desa Genting Kabupaten Bengkulu Tengah pada tanggal 25 Mei 2019. 

Kegiatan ini bertujuan tidak lain yaitu untuk mengurai kecemasan, ketidaknyamanan dalam emosi anak akibat dari rangkaian peristiwa yang dialami, sehingga tetap dapat menjalani interaksi sosial seperti semula. 

"Kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) ini berupa kegiatan bermain bersama dalam kelompok sebaya, bernyanyi, dan bercerita" singkat Hilda sriwanty, S.Sos yang juga Ketua Forum Sakti Peksos Provinsi Bengkulu. 

Photo

Layanan ini terlaksana atas kerjasama dari Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia IPSPI ( IPSPI) DPD Bengkulu, Sakti Peksos Provinsi Bengkulu, PPALC Bengkulu, Quran Foundation dan didukung oleh Dinas Sosial Provinsi Bengkulu.

Disisi lain, Ketua IPSPI DPD Bengkulu Drs.Tjup Rahman menyatakan, bahwa dalam penanganan korban bencana butuh keterlibatan dan partisipasi banyak pihak, karena pelayanan tidak hanya saat bencana terjadi tetapi berlanjut hingga pasca bencana sampai warga yang tertimpa musibah mampu menjalankan keberfungsian sosialnya kembali.

"Untuk itu IPSPI merangkul banyak pihak untuk bersama-sama melakukan proses pemulihan khususnya dalam pelayanan dukungan psikososial tersebut," pungkasnya. (Awan/Rilis) 

Dibaca 1 kali

Facebook comments