Skip to main content

Menpora Zainudin Tawarkan Bengkulu jadi Tuan Rumah PON 

Menpora Zainudin Tawarkan Bengkulu jadi Tuan Rumah PON 
Menpora Zainudin Tawarkan Bengkulu jadi Tuan Rumah PON 

BENGKULU - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Zainudin Amali menawakan provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah pekan olahraga nasional (PON), setelah Papua sebagai tuan rumah PON, 2020. 

Penawaran menjadi tuan rumah tersebut disampaikan Zainudin, ketika membuka pekan olahraga wilayah (Porwil) ke X se-Sumatera, Bengkulu, di stadion Semarak Sawah Lebar, Kota Bengkulu, Sabtu (3/11/2019), malam.

''Jika Bengkulu berniat menjadi tuan rumah PON tentu harus mempersiapkan diri. Untuk itu masyarakat Bengkulu harus memberikan dukungan ke gubernur agar membawa Bengkulu menjadi tuan rumah PON,'' kata Zainudin, saat menyampaikan sambutan di hadapan ribuan tamu undangan Porwil ke X se Sumatera.   

Penyelenggaraan Porwil, kata Zainudin, berbeda dengan penyelenggaraan PON. Di mana Porwil Sumatera hanya diikuti 10 provinsi di pulau Sumatera. Sementara, PON diikuti 34 provinsi di Indonesia. 

Tidak hanya itu Cabang Olahraga (Cabor) dipertandingkan di PON, terang Zainudin, lebih banyak dibandingkan dalam Porwil Sumatera. Sehingga, untuk menjadi tuan rumah PON perlu persiapan infrastuktur serta sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

''Saya sudah bicarakan dengan Gubernur Bengkulu bahwa masih banyak yang harus dipersiapkan terkait sarana dan prasarana olahraga-nya,'' jelas Zainudin. 

Ditambahkan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Bengkulu bisa menjadi tuan rumah PON ke XXI, jika ditunjuk nanti. 

''Kita akan menyiapkan diri terlebih dahulu. Kita tahu menjadi tuan rumah PON itu tidaklah mudah, harus ada persiapan infrastuktur serta sarana dan prasarana olahraga yang memadai,'' tutup Rohidin.

Atlet selfie dengan Menpora Zainudin ketika acara pembukaan Porwil ke X se-Sumatera. Foto Tova

Dari pantauan viralpublik di lapangan, dalam opening performer Porwil ke X se- sumatera, menampilkan tarian colosal dol dan jari-jari. Selain itu, dalam rangkaian acara tersebut adanya defile atlet Porwil ke X Sumatera yang diikuti 10 provinsi di Sumatera. 

Bahkan, usai pembukaan Porwil yang ditandai dengan pemukulan dol dari Menpora dan Gubernur Bengkulu, para atlet yang akan berlaga menyempatkan diri untuk selfie dengan Menpora di atas panggung. 

Tidak hanya itu, dalam acara pembukaan itu adanya pesta kembang api  spektakuler tidak kurang dari 15 menit, yang menghiasi langit Kota Bengkulu. Bahkan, masyarakat yang hadir dalam acara pembukaan Porwil juga dihibur artis ibukota.

Mulai dari, Skolastika Citra Kirana Wulan, yang merupakan mantan ajang pencarian bakal Indonesia Idol ke enam, Sri Nirwana mantan ajang pencarian bakat LIDA II serta Di Muhammad Devirzha yang merupakan mantan ajang pencarian bakal Indoenesia Idol ke delapan.(tv)
 

Dibaca 11 kali

Facebook comments