Skip to main content

Manfaatkan Informasi Cuaca, Kurangi Kegagalan Panen

Kepala BMKG Bengkulu Kukuh Ribudiyanto
Kepala BMKG Bengkulu Kukuh Ribudiyanto

Bengkulu - Dalam rangka meningkatkan sektor pertanian dan mengurangi risiko kegagalan panen, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu terus mendorong pemerintah daerah dan petani untuk memanfaatkan informasi cuaca yang sedang berlangsung.

Dikatakan Kepala BMKG Bengkulu Kukuh Ribudiyanto, bahwa dengan mengetahui informasi tentang kondisi cuaca dan iklim lebih awal, sehingga dapat diantisipasi dengan segera. 

"Kita sangat mengimbau petani untuk memanfaatkan informasi cuaca dari BMKG untuk keberhasilan pertanian mereka," katanya, Kamis (8/8).

Lanjut Kukuh, pihaknya sedang gencar mendorong petani dan stake holder  untuk memanfaatkan informasi cuaca dengan berbagai hal seperti antisipasi bencana maupun optimalisasi sektor pertanian. Dengan hasil analisa dan perkiraan cuaca bisa menjadi dasar dalam membuat keputusan apa yang ditanam, perkiraan mulai  tanam dan memperkirakan masa panen. 

"Informasi tersebut dapat dilihat melalui website BMKG atau pun bisa langsung mendatangi kantor Pusat Layanan Terpadu Satu Pintu(PTSP) BMKG Bengkulu," tambahnya.

Kukuh juga menyebutkan, dengan mengikuti update terkait cuaca dan iklim dapat membuat sebuah kalender tanam dan meminimalisir kegagalan panen suatu tanaman. Sehingga para petani dapat mensiasati perubahan cuaca dan iklim dengan menentukan tanaman apa yang bagus ditanam ketika kondisi tersebut. (Tv)

Dibaca 1 kali

Facebook comments