Skip to main content

Komisioner KPU RI Resmikan Rumah Pintar Pemilu Kota Bengkulu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meresmikan Rumah Pintar Pemilu
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meresmikan Rumah Pintar Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meresmikan Rumah Pintar Pemilu yang ada di Kota Bengkulu. Peresmian dilakukan secara langsung oleh Komisioner KPU RI, Arif Budiman, di Kantor KPUD Kota Bengkulu, Sabtu (8/4) siang.

Arif Budiman dalam sambutannya mengatakan, rumah pintar adalah bagian dari program prioritas KPU RI dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu.  Kata Dia, tren partisipasi publik dalam Pemilu mengalami penurunan dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal itu disebabkan karena lemahnya pemahaman terhadap Pemilihan umum dan sistem demokrasi. 

"Program rumah pintar jadi prioritas kami di KPU RI, dari 549 yang direncanakan, baru terbangun 390 rumah pintar se Indonesia," katanya. 

Untuk itu, kata Arif, keberadaan rumah pintar harus bisa menarik masyarakat datang berkunjung. Makin banyak masyarakat datang berkunjung maka pengetahuan masyarakat juga bertambah dan kualitas demokrasi menjadi makin baik.

"Jadi rumah pintar ini harus digerakkan. Datangi masyarakat dan informasikan keberadaan rumah pintar Pemilu ini," ajaknya. 

Sementara itu, Ketua KPUD Kota Bengkulu Darliansyah mengatakan, rumah pintar Pemilu di KPUD Kota sudah dilengkapi visualisasi dan banyak buku-buku tentang sistem Pemilu di Indonesia. 

"Rumah pintar ini akan jadi tempat pendidikan politik bagi pemilih pemula dan masyarakat. Di sini bisa belajar sejarah Pemilu, ada ruang simulasi dan visualisasi (Film). Jadi bisa menggambarkan bagaimana menggunakan hak pilih," ungkapnya.  

Selain meresmikan rumah pintar Pemilu, Arif Budiman juga memantau langsung gudang logisitIk dan hasil renovasi Mushola yang diberi nama Husni Kamil di Kantor KPUD Kota Bengkulu. 

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya, Kapolres Bengkulu, AKBP. Ardian Indra Nurinta, S.IK, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, Perwakilan Lanal dan Camat setempat.

Dibaca 3 kali

Facebook comments