Skip to main content

Kasatgas Korsupgah KPK Apresiasi Penertiban Izin dan Pelaporan LHKPN

KPK
KPK Apresiasi Penertiban Izin dan Pelaporan LHKPN

Bengkulu – Kasatgas Korsupgah KPK, Maruli Tua Manurung memberikan apresiasi kepada Pemkot Bengkulu terkait penertiban perizinan dan efektifitas dalam pelaporan LHKPN. Hal ini disampaikan langsung oleh Maruli saat menghadiri rakor monitoring dan evaluasi (monev) sekaligus audiensi dengan pihak Pemkot Bengkulu yang dihadiri wakil walikota Dedy Wahyudi.

“Kami sangat senang karena ada semangat dan komitmen dalam penertiban perizinan. Disitulah pemda harus menunjukkan bahwa hukum harus menjadi landasan. Tapi harus komprehensif mulai dari kebijakan, regulasi dan pelaksanaannya. Terus terang kami senang kalau pemda punya semangat untuk penertiban perizinan,” ujar Maruli, Selasa (6/4).

Ia menambahkan selain itu yang bikin KPK senang soal kepatuhan pejabat di Pemkot Bengkulu dalam melaporkan kekayaan atau LHKPN.

Dalam kesempatan itu banyak hal yang dipaparkan oleh Maruli. Audiensi ini, kata dia secara umum tujuannya untuk mencegah terjadinya korupsi.

“Tantangan utama kita yang paling besar, yakni bagaimana secara sistemik bisa mencegah korupsi. Pimpinan KPK tegas sampaikan kepada kami agar ingatkan terus pemkot, walikota, wawali, dan jajaran jangan sampai terjadi korupsi di pemkot. Jadi harus disampaikan, terutama dalam hal pengelolaan APBD, pengelolaan ASN, perizinan dan lainnya. Jangan sampai nanti banyak yang repot. Memang tantangannya besar dan mungkin instrumen pencegahan yang kami sampaikan ini perlu terus dioptomalkan,” jelas Maruli.

Dikatakan Maruli, mereka (korsupgah) punya enam tugas penting, yakni pencegahan, monitoring, penindakan, koordinasi, eksekusi, supervisi.

“Harapan kami tidak sampai terjadi upaya penindakan dan eksekusi. Oleh karena itu pencegahan dan koordinasi serta supervisi lebih dioptimalkan lagi,” ujarnya.

Fokus utama dalam audiensi, sambung Maruli adalah pengawasan perencanaan dan penyelenggaraan APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, APIP, dan lainnya.

Sementara itu, wakil walikota Dedy Wahyudi yang ikut menyimak pemaparan dari korsupgah KPK menyatakan siap melaksanakan apa yang menjadi perintah dan arahan dari KPK.

“Kita menerima tamu kehormatan dari KPK. Tadi sudah dipaparkan indikator pemerintah yang bersih dan akuntabel dalam laporan kegiatan pemerintahan dengan transparansi guna menekan angka korupsi. Beberapa hal yang jadi catatan, kami siap laksanakan terus berbenah,” demikian Dedy.(Red/Release)
 

Dibaca 1 kali

Facebook comments