Skip to main content

Jelang Pemilu, Terdapat 4.415 TPS Dinilai Rawan

Publikasi Hasil Pemetaan TPS Rawan Se-Provinsi Bengkulu Oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu
Publikasi Hasil Pemetaan TPS Rawan Se-Provinsi Bengkulu Oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu

Bengkulu  - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu menyebutkan, sebanyak 4.415 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 6.165 TPS di Provinsi Bengkulu, dinilai rawan ketegori sedang menuju tinggi dalam Pemilu serentak yang akan digelar pada Rabu, 17 April 2019 nantinya.

TPS rawan tersebut diantaranya, di Bengkulu Utara sebanyak 520 TPS, Kota Bengkulu 715 TPS, Bengkulu Tengah 192 TPS, Mukomuko 602 TPS, Kepahiang 246 TPS, Rejang Lebong 756 TPS, Lebong 238 TPS, Seluma 426 TPS, Bengkulu Selatan 310 TPS, dan Kaur 410 TPS.

Anggota Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Provinsi Bengkulu Fatimah Siregar, dalam keterangan Pers Releasenya menyatakan, sebanyak 4.415 TPS itu, rawan kategori sedang menuju tinggi, karena Indeks Kerawanan Provinsi (IKP) Bengkulu berada diangka 50,37 persen. 

"Dengan IKP tersebut, lebih tinggi ketimbang IKP nasional tahun ini yang berada diangka 49,63 persen," ungkapnya, Senin (15/4)

Lanjut Fatimah, variabel yang menyebabkan tingginya TPS rawan di Provinsi Bengkulu ini, yakni didominasi kontestasi. Setelah itu, penyelenggara pemilu yang bebas dan adil, partisipasi politik, dan konteks sosial politik. 

"Berdasarkan pengelompokan daerah berdasarkan kesamaan potensi kerawanan, dari pemetaan yang kita lakukan memiliki karakteristik sama antar Kabupaten/Kota," jelasnya. 

Dengan adanya TPS rawan tersebut, pihaknya sudah melakukan pembekalan, dan instruksi pengawasan terhadap TPS rawan yang dimaksud. 

"Kitakan sudah memetakan dimana-mana TPS rawan yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota. Guna menghindari kecurangan, TPS rawan itu kita berikan pengawasan secara melekat, seperti di Bengkulu Utara, variabel netralitas dengan indikator petugas KPPS berkampanye untuk peserta pemilu paling banyak dibandingkan 9 Kabupaten/Kota lainnya, yakni sebanyak 26 TPS rawan," tutup Fatimah. (Tv)

Dibaca 7 kali

Facebook comments