Skip to main content

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Periksa Kesehatan Hewan Qurban
Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Periksa Kesehatan Hewan Qurban

Bengkulu - Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dijual di sejumlah lokasi di wilayah setempat, menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019 mendatang.

Petugas kesehatan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu didampingi Sekretaris Dinas, menyidak dua lokasi tempat penjualan hewan ternak kurban di wilayah Kota Bengkulu, Kamis (8/8).

Lokasi pertama petugas menyambangi tempat penjualan kambing di Kecamatan Sungai Rupat, sedangkan tempat penjualan sapi petugas lebih memilih di tempat biasanya di Bumi Ayu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, petugas menyatakan hewan ternak sapi dan kambing yang telah dipesan oleh peserta kurban layak dan memenuhi syarat untuk dipotong saat idul adha nanti.

"Hewan tersebut dinyatakan layak dan memenuhi syarat dilihat dari umur hewan Seperti sapi layak jika umurnya diatas 1 tahun setengah sementara kambing jika sudah berumur satu tahun lebih dan dilihat dari fisik hewan hewan tersebut sudah berganti gigi atau poel," kata Nopi Yeni Sekdis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu.

Setelah diperiksa, petugas memberikan neck tag pada hewan kurban sebagai tanda bahwa hewan kurban tersebut telah diperiksa petugas. Selain itu, petugas juga memberikan surat keterangan bahwa hewan tersebut telah diperiksa dan dinyatakan layak untuk dijadikan hewan kurban.

Sementara itu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi juga mengajak tim kesehatan hewan pusat untuk mengecek sapi kurban milik presiden Jokowi di wilayah Kabupaten Seluma. (Tv)

Dibaca 1 kali

Facebook comments