Skip to main content

Jangan Khawatir, Belum Masuk DPT Warga Tetap Bisa Memilih

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra
Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra

Bengkulu - Sesuai dengan Pasal 349 undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, serta Pasal 9 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum memastikan warga yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), namun memiliki hak pilih. Dalam artian, bisa mencoblos pada pemilu 2019 asalkan memiliki KTP elektronik dengan alamat sesuai dengan TPS.

Mengenai hal tersebut, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan, masyarakat Provinsi Bengkulu dapat menggunakan hak pilihnya dengan syarat telah memiliki KTP elektronik.

"Pemilih yang tidak terdaftar di DPT dapat menggunakan hak pilihnya dengan syarat telah memiliki ktp elektronik, caranya yaitu dengan  datang ke tps sesuai dg alamat yg tertera pada ktp elektroniknya, pada hari pemungutan suara. Pemilih seperti ini dinamakan pemilih DPK atau Daftar Pemilih Khusus," katanya, Kamis (21/3).

Lanjutnya, pemilih DKP nantinya dapat menggunakan hak pilihnya pada pukul tertentu.

"Pemilih DPK menggunakan hak pilihnya di tps mulai pukul 12.00 s.d 13.00 waktu setempat," ujarnya. 

Diketahui, KPU Provinsi Bengkulu telah menetapkan jumlah DPTHP-2 sebesar 1.400.648 (Satu juta empat ratus ribu enam ratus empat puluh delapan) terdiri dari Laki-laki 709.238 orang dan Perempuan 691.410 orang. ​​​​​​(Tv) 

Dibaca 13 kali

Facebook comments