Skip to main content

Wabup BU Jadi Opening Speaker Di Webinar Pendidikan

webinar
Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata SE MAp didaulat menjadi Opening Speaker pada kegiatan Webinar Pendidikan dalam Program Literasi Digital Nasional

Argamakmur Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata SE MAp didaulat menjadi Opening Speaker pada kegiatan Webinar Pendidikan dalam Program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital 2021” oleh Kementerian Kominfo RI dan Sahabat Guru (SG) bersama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). pada Kamis (16/09).

Webinar Pendidikan dengan topik “Membentuk SDM guru Kabupaten Bengkulu Utara Yang Memiliki Keterampilan dan Mampu Beradaptasi Dalam Penguasaan Media Digital untuk Pembelajaran” tersebut diisi oleh Johnny G. Plate (Menteri Kominfo RI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E. (Ketua Umum APKASI/Bupati Dharmasraya), Dr Suyoto, M.Si Tokoh Pendidikan, Bupati Berprestasi Yang Membawa Bojonegoro Menjadi Percontohan Pada Ajang Open Government Partnership (Ogp) Subnational Government Program Setara Madrid Dan Texas Ahmad Baidowi Ar Pakar Pendidikan dan Bapak Ibu Guru Yang Bergabung Via Zoom Dan Juga Chanel Youtube Sahabat Guru.

Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata dalam kegiatan ini mengatakan jika topik webinar ini sangat relevan dengan kondisi secara global. Dalam dunia Pendidikan pandemi covid memberikan dampak yang sangat besar sekolah-sekolah diliburkan. sehingga pemerintah daerah dituntut untuk berupaya keras mentransformasi Pendidikan agar tetap berjalan melalui program pembelajaran online.

“Untuk saat ini merupakan metode pembelajaran yang paling efektif dan efesien menekan angka penularan covid 19 di Indonesia,”terang Wabup Arie.

Untuk itu, para pendidik selain dituntut memiliki kompetensi sebagai seorang pendidik, juga dituntut menjadi pendidik yang mandiri dan dapat menemukan cara pembelajaran yang efektif di tengah keterbatasan.

“Oleh karena salah satu kunci peningkatan mutu pendidikan adalah peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan,”jelas Wabup Arie.

Wabup menyampaikan, berdasarkan alasan tersebut, maka  penting dilakukan peningkatan kompetensi para pendidik,  melalui  berbagai cara antara lain, melaksanakan pendidikan dan pelatihan, magang, seminar, lokakarya, workshop, dan juga bimbingan teknis.

Beberapa startegi yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas Pendidikan, yaitu, pertama mendorong kemampuan guru dalam upaya meningkatkan penggunaan media online. Guru harus dapat memanfaatkan media teknologi, membuat sebuah pembelajaran online yang terencana. mendorong orang tua agar ikut aktif berkolaborasi bersama guru untuk terus belajar online secara efektif.

Kedua mengubah pola piker, bahwa guru profesional di era digital adalah guru yang memiliki kompetensi pedagogic, kepribadian, sosial dan wawasan, serta guru yang dalam melaksanakan tugas-tugasnya berbasis pada penggunaan jaringan, yang didukung teknologi digital.

Ketiga, melakukan pelatihan gerakan guru mengenai digital, bekerja sama dengan pusdiklat tenaga teknis pendidikan untuk gencar melaksanakan pelatihan pembelajaran, berbasis multimedia untuk tenaga pendidik. sehingga mampu membuat bahan ajar berbasis multimedia, video pembelajaran, dan desain kelas virtual.

Keempat, melakukan inovasi pembelajaran sekolah, guru dituntut untuk membuat terobosan-terobosan baru dalam melaksanakan pembelajaran. seperti membuat dan mendesain pembelajaran yang bervariasi, menarik dan diminati peserta didik.

Kelima, mendorong untuk menciptakan teknologi sederhana berbasis digital di sekolah. Guru diharapkan mampu menyusun materi pembelajaran berbasis video meskipun sederhana menciptakan pembuatan ruang studio pembelajaran, merupakan upaya sekolah melaksanakan praktik pembelajaran online yang efektif, kreatif dan inovatif.

Dan keenam, melengkapi sarana pendidikan di semua satuan Pendidikan. Menyiapkan infrastrukturnya, dan seluruh jaringan – jaringan.

Lanjutnya, guru dituntut memiliki karakter abad 21 yaitu sebagai fasilitator, juga harus menjadi motivator dan inspirator,  selain itu guru yang dikehendaki saat ini dan di masa mendatang merupakan guru yang kapital intelektual, yang memiliki keunggulan kompetitif, komperatif, dan berdaya saing.

Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Utara, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada asosiasi pemerintah kabupaten seluruh indonesia pt. Adi luhung nusantara dan sahabat guru atas terselenggaranya webminar pendidikan ini.

“Serta kepada bapak ibu guru, selamat mengikuti webminar Pendidikan, semoga momentum ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kompetensi guru, dalam menghadapi transformasi Pendidikan, sehingga dapat mewujudkan tujuan luhur pendiri bangsa Indonesia. yaitu  mencerdaskan kehidupan bangsa yang tercantum pada alenia ke 4 (empat) undang-undang dasar 1945,”tutupnya.

Turut mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Dr Agus Haryanto SE MSi, Kabid Kebudayaan Diknas dan Turut Hadir Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Bari Oktari SSTP Kabid PPID dan Goverment Kominfo Bengkulu Utara Samsul Bahrun SIp. (Adv)

 

Dibaca 6 kali

Facebook comments