Skip to main content

Pansus DPRD Provinsi Bengkulu Sidak Izin Usaha di HPT

sidak
Pansus DPRD Provinsi Bengkulu Sidak Izin Usaha di HPT

Mukomuko – Anggota Pansus DPRD Provinsi Bengkulu, Minggu (14/12) lakukan inspeksi mendadak (Sidak)  terkait Raperda RTRW di Kabupaten Mukomuko terhadap perusahaan yang mengantongi izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu.

1

“Kita melakukan sidak terhadap perusahaan yang mengantongi izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu – hutan tanam Rakyat (IUPHHK-HTR), terhadap mereka yang diberikan hak kewenangan, kewajiban untuk mengelola hutan dan hasil kayu serta luasan IUP yang mereka pegang,” kata anggota DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi, Sp. MM.

Ia menambahkan ada beberapa perusahaan yang dikunjungi yakni PT Sipef Biodiversity Indonesia (SBI) serta Bintara Arga Timber (BAT). Kedua PT ini terletak di areal hutan produksi (HP) dan hutan produksi terbatas (HPT).

2

“Luasan PT BAT   ± 23.000 Hektar dan SBI 12.672 Hektar. PT BAT sempat stagnan dari tahun 2005-2006 kalau tidak salah,” jelasnya.

Di kedua PT ini dewan mencurigai adanya aktivitas penebangan kayu tak berizin dan penebangan kayu yang tidak sesuai kriteria tebang.

“Karena barcode itu sesui jumlah batang yang mau ditebang, jadi tidak sembarangan ditebang jadi kalau yang di HPT itu kurang lebih 60 centi meter (cm) diameter pohon yang boleh di tebang. Jadi pada waktu kami ke lapangan kami melihat banyak yang sudah ditebang dibawah 20 cm,” ungkapnya. (Adv)

Dibaca 5 kali

Facebook comments