Skip to main content

Dinkes Seluma Himbau Kader Posyandu Tingkatkan Kualitas Dalam Pencegahan Stunting

stunting
Dinkes Seluma Himbau Kader Posyandu Tingkatkan Kualitas Dalam Pencegahan Stunting

Suka Merindu, Kabupaten Seluma - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawalludin, S.Sos yang diwakili Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Reza Ade Putri A, S.ST, MH membuka kegiatan Peningkatan Kualitas Kader Posyandu Dalam Pencegahan Stunting di Kabupaten Seluma, Rabu (16/09) bertempat di Puskesmas Sukamerindu Kecamatan Talo Kecil.

Sasaran pelaksanaan pada kader Posyandu sudah ditetapkan melalui SK Bupati Seluma Nomor 440-211 Tahun 2020 tentang Penunjukan Desa Lokus Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Seluma Tahun 2020 sebanyak 20 Desa Lokus.

Kegiatan ini sebelumnya telah dilaksanakan di Puskesmas Desa Talang Benuang dan Desa Bunut Tinggi. Hari ini di Puskesmas Sukamerindu merupakan kegiatan ke tiga yang pesertanya berasal dari beberapa desa yaitu Desa Lubuk Lagan, Desa Taba, Desa Bakal Dalam, Desa Talang Padang, Desa RGM dan Desa Padang Kelapo. 

Reza dalam sambutannya menyampaikan bahwa Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang menjadi milik masyarakat dan menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat.

Posyandu berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dan antar sesama masyarakat serta mendekatkan pelayanan kesehatan dasar terutama berkaitan dengan penurunan stunting, penurunan angka kematian ibu dan bayi serta gerakan masyarakat hidup sehat.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dan petugas gizi puskesmas dalam pelaksanaan posyandu, pemantauan kesehatan balita dan ibu hamil serta menambah keterampilan dalam pengukuran antropometri dan pengisian KMS", ujar Reza. (Red).
 

Dibaca 3 kali

Facebook comments