Skip to main content

Dua Andalan Destinasi Wisata Bahari Di Kaur Saat Lebaran

Dua Andalan Destinasi Wisata Bahari Di Kaur Saat Lebaran
Dua Andalan Destinasi Wisata Bahari Di Kaur Saat Lebaran

 
Kaur - Saat ini Pemerintah Kabupaten Kaur, sedang fokus melakukan penataan dan pengembangan dua destinasi wisata diantaranya, Bahari Danau Kembar dan Pantai Laguna untuk mengantisipasi peningkatkan jumlah pengunjung wisata ke daerah tersebut di saat hari raya Idul Fitri.

Dalam pengembangannya, bukan hanya terkait kawasan yang akan dijadikan lokasi berlibur wisatawan, melaikan seluruh aspek penunjang seperti restoran, penginapan dan toko cinderamata.

Untuk menjaga lonjakan pengunjung di objek wisata, pemerintah daerah sudah didukung dari beberapa dinas terkait dan juga  polri serta TNI.

Diketahui objek wisata bahari tersebut memiliki warna pasir pantai yang beragam seperti krem, merah, abu-abu hingga hitam. Selain itu, juga terdapat spot terumbu karang hingga ganas ombak untuk lokasi olahraga selancar yang tersedia di Kabupaten Kaur.

Bupati Kabupaten Kaur Gusril Pausi mengatakan, Bahwa fokus dalam mengembangkan dua objek tersebut salah satu tujuan untuk menarik wisatawan datang ke Kabupaten Kaur. 

"Iya, Kita fokuskan ke objek wisata tersebut, karena apa?, kedua objek wisata ini dapat menarik wisatawan untuk datang ke ke Kabupaten Kaur," singkat Gusril. 

Ia juga menambahkan, dengan fokusnya dalam pengembangan tersebut, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat seperti dalam hal kuliner dan juga perindustrian. 

Disisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kaur Anuar Sanusi, S. Pd menyampaikan, pihaknya sudah menyusun dan akan mengirimkan 3 buah armada ke tempat objek wisata yang akan dikunjungi.

“Nanti personil ini guna menjaga dan antisipasi memperlancar arus jika terjadi kemacetan, terutama didaerah pintu gerbang masuk wisata, yang sudah dibentuk disetiap titik ada 2 orang,” jelasnya, Kamis (9/5).

Ditambahkannya, lonjakan pengunjung di tempat wisata ini terjadi biasanya 2 hari sebelum lebaran sampai lebaran hari ke 3.

“ini yang sering terjadi macet. Lonjakan ini terjadi karena banya pengunjung dari dalam dan luar daerah. Kalo sebelum itu masih sangat jarang terjadi,” imbuhnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, semua wisata yang berada dipesisir pantai hampir rata-rata objek atau hiburannya sama yaitu pantai dan sebagainya. Akan tetapi, yang paling populer dan terkenal di Kabupaten Kaur yaitu Danau Kembar dan Pantai Laguna. 

Lanjutnya, “Untuk menjaga keselamatan lalu lintas biasanya akan diadakan patroli bersama 7 hari sebelum lebaran, sesuai dengan titik yang sudah ditentukan” pungkasnya.

Untuk informasi, meski memiliki banyak objek wisata bahari, pertumbuhan jumlah wisatawan di wilayahnya masih relatif rendah yaitu berkisar 30 ribu wisatawan per tahun. Hal ini dikarenakan hambatan akses transportasi.[Ay]

Dibaca 11 kali

Facebook comments