Skip to main content

BI : Struktur Perekonomian Didominasi UMKM 

Workshop sistem informasi aplikasi pencatatan informasi keuangan (SIAPIK). Foto Tova
Workshop sistem informasi aplikasi pencatatan informasi keuangan (SIAPIK). Foto Tova


BENGKULU - Bank Indonesia (BI) menggelar workshop sistem informasi aplikasi pencatatan informasi keuangan (SIAPIK), selama dua hari. Terhitung sejak kamis (14/11/2019) hingga Jumat (15/11/2019), di salah satu aula hotel di kota Bengkulu.

Deputi kepala kantor Perwakilan (BI) Bengkulu, Rifat Pasha mengatakan, BI melakukan pembinaan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), di latar belakangi struktur perekonomian yang didominasi UMKM yang telah mencapai 90 persen.

''Ini akan memberikan dampak yang positif terhadap pengurangan pengangguran, dan perluasan kesempatan kerja serta mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi makronya,'' kata Rifat, Kamis (14/11/2019).

Dari sisi relevansi, terang Rifat, upaya pengembangan UMKM ini relevan dengan tugas utama BI dari sisi moneter, stabilitas sistem keuangan, maupun dari sistem pembayaran, persoalan inflasi. Contohnya, mengukur stabilitas moneter, inflasi, dan nilai tukar.

''Inflasi di daerah itu disumbangkan oleh komoditas pangan. Pelaku-pelaku di sektor pangan kebanyakan adalah UMKM. Artinya, bisa mendorong UMKM lebih produktif serta produksi pangan juga akan berkembang sehingga stabilitas harga juga terjaga kebersihannya,'' tutup Rifat. (Tv)

Dibaca 1 kali

Facebook comments